Monday, February 7, 2011

Rahasia menjadi pengusaha sukses.

Saudaraku sebangsa dan setanah air.. (wah udah kayak penyiar sepak bola aja ni hahaha). sekarat Trick Hebat akan mengulas tentang cara hebat menjadi pengusaha sukses. Jangan pada berfikiran miring dulu ya kali ini TRick hebat akan memberikan trik-trik jitu menjadi pengusaha sukses tidak becnda seperti sebelumnya.

  • Niat dan Tekad
 Kenapa dua kata tersebut saya jadikan satu kalimat?? karena tak tekad tanpa niat tapi ada niat tanpa tekad.. Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses tak hanya di butuhkan niat tetapi juga tekad yang keras. Berawal dari niat yang sungguh-sungguh untuk memulai bisnis baik kecil maupun besar. Selanjutnya direalisasikan dengan tekad yang kuat, mungkin anda berfikir sperti layaknya manusia Indonesia pada umumnya modal utama memulai bisnis adalah uang. Sesungguhnya bukan Uang modal pertama Namun niat dan tekad yang kuat ketika kita sudah memiliki keduanya itu yang namanya uang sebagai modal menjalankan niat dan tekad kita akan datang secara beriringan. Tapi jangan salah arti nanti anda bilang saya niat bikin usaha pengecatan lombok ijo menjadi lombok merah dan saya sudah bertekad mewujudkannya, namun niat dan tekat tersebut hanya di bibir, ketika anda sudah memiliki niat dan tekad selanjutnya lakukan bagaimana cara men=wujudkan tekan anda tersebut yaitu dengan mengkonsep usaha anda. yang akan di bahas pada bab selanjutnya.
  • Konsep yang matang
Setelah tekad anda sudah bulat selanjutnya lakukan pengkonsepan. Segala sesuatu yang anda alkukan sulit untuk berhasil tanpa anda rencanakan secara baik dan benar. dalam perencaan ini hal yang perlu di perhatikan adalah bagaimana niat kita dapat teralisasi dengan mudah dan cepat tanpa proses yang panjang, pasti maunya orang begitu tapi kenyataan beda biasanya. ok dalam mengkonsep usaha anda itu dalam bidang apa itu yang perlu anda cari terlebih dahulu. selanjutnya mulailah tahap demi tahap. Misal kita ambil yang usaha pengecatan Lombok tandi. Jenis usahanya berarti jasa. Lombok itu di konsumsi manusia jadi tidak mungkin menggunakan cat tembok atau cak kayu, berarti mesti menggunakan bahan kimia yang ramah lingkungan. nah setelah anda tau hal tersebut selanjutnya mencari tau tentang bahan baku buat ngecat (bukan ngecat bneran lho ya)  sudah tau bagaiman cara mengecat lombok selanjutnya konsep tentang biaya bagaiman di pasaran mungkin kalau harga lombok mahal biaya mahal ok-ok saja tetapi saat harga lombok turun berarti  biaya pengecatan juga harus turun, di hitung benar untung ruginya dan di hitung juga keuntungan anda itu kemungkinan berapa persen dari modal anda jangan sampai usaha jungkir balik keuntungan cuma 0.0001% kan hampir sama dengan rugi. kalau keuntungan belum ada atau masih kecil optimasi terus usaha anda bagaiman biar bisa untung yang lumayan besar. setelah mengkonsep biaya kembali ke semuanya di gabungkan dari cara pengerjaan sampai ekonominya setelah itu konsep tersebut jadikanlah ajuan dalam menjalankan usaha anda tersebut.
  • Pantang menyerah
 Usaha yang sudah terkonsep seperti diatas pastinya tidak semulus seperti konsep di atas, mungkin anda akan menemuhi berbagai persoalan. ketika anda menemui berbagai persoalan tersebut hal yang perlu anda perhatikan adalah pantang menyerah. pengusaha yang sukses pasti pernah mengalami krisis. tetapi di masa krisis tersebut mereka yang sukses mencari solusi nah solusi ini yang mesti anda cari jangan menyerah sebelum menemukan solusi masalah anda. Misal perkiraan konsumen untuk produk usaha anda sangat jauh lebih sedikit dengan estimasi awal. maka lakukan evaluasi dan survei ke konsumen tentang produk anda sehingga anda menyetahui pnyebabnya dan bisa menemukan solusinya.
  • Mau belajar
mau belajar ini adalah bagian dari pantang menyerah ketika anda pantang menyerah secaara  tidak langsung anda sudah mau belajar dan juga mau belajar ini berlaku untuk kelanjutan bisnis anda jangan melakukan kesalahan yang sama berkali-kali
  • Mau berbagi
Ingat sebagian dari kesuksesan anda bukan milik anda sendiri. Intinya jangan pelit-pelit sisihkan sedikit untuk beramal untuk saudara-saudara kita yang belum mampu syukur kalau mau ngasih lapangan pekerjaan.
  • Tidak Sombong
Janganlah sombong atas kesuksesan atau kegagalan usaha anda low profil dan tetap sesuai niat dan tekad.
  • Suka menabung
Nah yang satu ini jangan sampai ketinggalan rajin lah menabung. kebanyakan dari masyarakat kita itu susah menabung kalau mau sukses menabunglah sebelum menabung itu di larang.

No comments:

Post a Comment